TY - THES N1 - Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc. ID - digilib51695 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51695/ A1 - Lia Citra Ambarwati, NIM.: 18106070026 Y1 - 2022/05/23/ N2 - Literasi sains dan pembelajaran bermakna sangat perlu untuk diajarkan kepada peserta didik sebagai bentuk reformasi terhadap pembelajaran abad-21. Namun, pratiknya literasi di Indonesia masih tergolong rendah berdasarkan hasil PISA. Selain itu, pembelajaran bermakna belum berjalan sebagaimana mestinya karena keterbatasan pratikum di beberapa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia berbasis eksperimen pada materi kelas XI, menentukan kualitas serta mengetahui respon pengguna terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menghasilkan media cetak berupa sumber belajar ensiklopedia berbasis eksperimen yang berisikan tentang cover, kata pengantar, apersepsi, glosarium, daftar pustaka, dan materi kimia kelas XI SMA disertai dengan percobaan sederhana sebagai keterbaharuan produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) dengan mengadaptasi model 4-D. Hasil penilaian kualitas produk menunjukkan bahwa persentase keidealan berdasarkan ahli materi sebesar 91,66% dengan kategori Sangat Baik, penilaian produk oleh ahli media sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik, dan penilaian dari reviewer (guru kimia) mendapatkan skor rata-rata dengan persentase 95,17% dengan kategori Sangat Baik. Hasil respon siswa terhadap produk menunjukkan persentase sebesar 98,75%. Oleh karena itu, Ensiklopedia berbasis eksperimen dengan kategori kualitas sangat baik (SB) dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri pada materi kimia kelas XI. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penelitian Pengembangan KW - Ensiklopedia Kimia KW - Eksperimen M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ?NATURE FOR CHEMISTRY? BERBASIS EKSPERIMEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK KELAS XI SMA SEDERAJAT AV - restricted EP - 189 ER -