%0 Thesis %9 Skripsi %A Risma Alfina Indriana, NIM.: 18106070048 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51704 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Elektronik Interaktif, STEM, Laju Reaksi %P 183 %T PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51704/ %X Era revolusi industri 4.0 menuntut guru untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah melalui bahan ajar yang diintegrasikan dengan teknologi dan model pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif bermuatan STEM pada materi laju reaksi dan mengetahui kualitas modul yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk berupa modul elektronik interaktif bermuatan (STEM) berbentuk HTML berisi materi, kuis interaktif, dan proyek (STEM). Produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat reviewer (guru kimia SMA/MA). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 96,67% dengan kategori sangat baik (SB), ahli materi mendapatkan persentase 82,22% dengan kategori baik (B), dan guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik (SB). Modul direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 96%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA pada materi laju reaksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. %Z Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.