eprintid: 51708 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/17/08 datestamp: 2022-07-05 07:34:05 lastmod: 2022-07-05 07:34:05 status_changed: 2022-07-05 07:34:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lady Farah Aziza, NIM.: 18204020006 title: PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Siswa, note: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si., M. Pd. abstract: Dalam proses belajar mengajar terdapat komponen yang saling berkaitan, di antaranya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penguasaan materi dan pengelolaan kelas. Komponen-komponen tersebut menunjukkan bahwa kesuksesan pembelajaran di dalam kelas bukan hanya dari hasil akhir yang diterima oleh peserta didik, tetapi kualitas guru atau tenaga pendidik sebagai pemeran utama. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kompetensi guru di antaranya; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dan di antara kompetensi yang ada, kompetensi pedagogik yang paling dibutuhkan dalam diri seorang guru untuk memulai sebuah kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendakatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Di mana penelitian ini dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan untuk menghasilkan gambaran yang tersusun dengan baik serta mudah difahami sesuai fakta juga objektif. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Setelah melakukan analisis, penulis menemukan bahwa dalam taraf siginifikan 5% dan 1%, di mana artinya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dalam kategori sedang, sementara pengaruh terhadap hasil siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta terkategori rendah. date: 2022-04-26 date_type: published pages: 95 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Lady Farah Aziza, NIM.: 18204020006 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51708/1/18204020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51708/2/18204020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf