%0 Thesis %9 Masters %A Azizah Arum Muslihatin, NIM.: 18204020013 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51709 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Proses Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Daring %P 132 %T ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM JARINGAN (DARING) DI MI MA’ARIF NU 6 KARYAMUKTI LAMPUNG TIMUR PADA MASA PANDEMI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51709/ %X Pandemi Covid-19 telah banyak merubah kebiasaan manusia yang sudah dilakukan sepanjang hidupnya menjadi ketidakbiasaan yang harus berjalan sebagaimana mestinya. Dampak yang sangat terasa salah satunya ada pada dunia pendidikan. Virus ini memaksa jutaan peserta didik juga pendidik untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing dengan segala keterbatasan yang ada. Ketidakbiasaan inilah yang ternyata menimbulkan berbagai macam permasalahan baru pada proses pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab daring di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta hal yang perlu diperhatikan terkait proses pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didasarkan pendeskripsian perilaku objek peneliti yakni guru bidang studi bahasa Arab, waka kurikulum dan juga peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada serta didukung dengan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada proses pembelajaran daring di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti, diketahui bahwa hasil evaluasi pembelajaran belum sesuai dengan yang diharapkan karena dari 26 siswa yang telah mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) hanya 8 siswa sedangkan sisanya sebanyak 18 siswa belum mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab daring di sekolah tersebut belum efektif. %Z Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.