<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan peneliti terhadap kemampuan guru bahasa Arab dalam menyusun soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) di MAN 3 Sleman. Soal penilaian (PAS ) yang disusun oleh guru masih didominasi soal-soal level kognitif I dan II yakni C1, C2, dan C3. Guru belum memberikan porsi cukup pada soal-soal yang berada pada level III, yaitu C4, C5, dan C6. Hal ini bisa diperlihatkan dari soal yang dibuat oleh guru, diantaranya masih kurang dalam penggunaan materi-materi kontekstual. Penelitian analisis ini bertujuan untuk menghasilkan potret kemampuan guru bahasa Arab dalam menyusun soal HOTS pada penilaian akhir sekolah (PAS) semester gasal tahun ajaran 2021/2022 di MAN 3 Sleman dan kendala dan hambatan yang dihadapi guru bahasa Arab dalam menyusun soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) di MAN 3 Sleman.\r\nMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan model Sequential Explonatory. Teknik pengambilan data berupa wawancara dan angket. Analisis data dengan metode kuantitatif deskriptif.\r\nPenelitian menghasilkan data bahwa penyusunan soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) kelas X/XI PIPA/PIPS/PK, dan kelas XII PK dilakukan oleh guru mata pelajaran mengacu kepada silabus mata pelajaran yang sudah diajarkan di kelas. Kemampuan guru kelas X/XI PIPA/PIPS/PK dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS secara akumulatif memiliki predikat baik dengan nilai presentase 75,03% dan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS secara akumulatif mendapat predikat baik dengan nilai presentase 75%. Materi yang diujikan masih rendah tingkat kontekstualnya. Proses penyusunan soal tersebut sudah dilakukan melalui perencanaan yang jelas. Kemudian komposisi soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) dilihat dari tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom, memiliki dominasi yang seimbang dengan soal-soal yang masuk kriteria soal LOTS. Selain itu, permasalahan-permasalahan/kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam menyusun soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) di MAN 3 Sleman yaitu terletak pada: 1) kendala menyusun indikator KD yang mengarah ke C4, C5, dan C6; 2) kendala menyusun indikator KD yang mengarah ke dimensi pengetahuan metakognitif; 3) kendala menyusun level kognitif; 4) kendala menyusun indikator soal lebih mengarah ke komponen Behavior berbasis HOTS; 5) kendala menyusun kendala menyusun stimulus yang menarik; 6) kendala menyusun stimulus yang kontekstual."^^ . "2022-06-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18204020040"^^ . "Fakturmen"^^ . "NIM.: 18204020040 Fakturmen"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "18204020040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #51710 \n\nKEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . . . "Pendidikan berbasis kompetensi" . .