eprintid: 51751 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/17/51 datestamp: 2022-07-06 04:24:29 lastmod: 2022-07-06 04:24:29 status_changed: 2022-07-06 04:24:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Meirista Yusmitasari, NIM.: 16220079 title: BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI MAN 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: bim_kons divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: konseling; bimbingan pribadi; penyesuaian sosial siswa; bimbingan konseling note: Pembimbing: Drs. H. Abdullah, M,Si. abstract: Bimbingan Pribadi merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta yang merupakan siswa tahun angkatan baru yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian sosialnya. Penelitian ini bertujuan unntuk mendapatkan gambaran mengenai bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekata kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tahap reduction, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat 4 yaitu:Tahap perencanaan, yang meliputi: indentifikasi masalah yang bertujuan untuk mengenali gejala-gejala perilaku siswa yang berbeda. Pelaksanaan, yaitu: pemberian bantuan berdasarkan situasi dan kondisi siswa secara tidak langsung, meliputi; bimbingan klasikal, kolaborasi dengan guru mata pelajaran, kolaborasi dengan wali kelas serta kolaborasi dengan orang tua. Evaluasi kegiatan, yaitu : mengevaluasi perkembangan yang dialami siswa setelah dilakukan bimbingan dengan evaluasi jangka panjang dan jangka pendek Follow up, yaitu: tindak lanjut hasil perkembangan, bila siswa sudah menunjukkan perubahan positif maka guru bimbingan konseling cukup memantau siswa, namun bila tidak ada perubahan pada diri siswa maka akan dilakukan bimbingan lagi untuk meningkatkan penyesuaian sosialnya. date: 2022-06-06 date_type: published pages: 104 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Meirista Yusmitasari, NIM.: 16220079 (2022) BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51751/1/16220079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51751/2/16220079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf