TY - THES N1 - Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag. ID - digilib51771 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51771/ A1 - Ninditha Nur Aisyah, NIM.: 18102040090 Y1 - 2022/04/04/ N2 - Digital marketing saat ini menjadi strategi marketing yang sudah diaplikasikan ke semua sektor usaha, salah satunya di bidang biro perjalanan (tour and travel) haji dan Umroh. Melalui media sosial, digital marketing ini dijadikan upaya untuk meningkatkan brand awareness, selling, bahkan customer loyalty. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui tentang implementasi digital marketing di Rihaal Umroh dan Edukasi pada tahun 2020. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan model kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah interactive model (Miles dan Huberman) melalui proses data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital marketing di Rihaal Umroh dan Edukasi tahun 2020 dilakukan dengan mengikuti konsep STP (Segmenting, Targeting, and Positioning). Selain itu, Implementasi digital marketing juga tidak lepas dari platform digital yang digunakan di Rihaal Umroh dan Edukasi yang meliputi website, sosial media seperti facebook, instagram, dan youtube. Melalui platform digital ini, Rihaal Umroh dan Edukasi dapat dikenal oleh masyarakat luar Yogyakarta, bahkan jemaah Rihaal Umroh dan Edukasi berasal dari Sabang sampai Merauke. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - umroh; online marketing; strategi marketing; digital marketing; tour & travel M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DI RIHAAL UMROH DAN EDUKASI TAHUN 2020 AV - restricted EP - 151 ER -