%0 Thesis %9 Skripsi %A Lia Zia Anna Nasution, NIM.: 15220024 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2022 %F digilib:51805 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K konseling individu; layanan orientasi; kesulitan belajar; bimbingan konseling %P 113 %T LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEREDUKSI KESULITAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51805/ %X Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta di masa pandemi covid-19. Kesulitan belajar yang dialami siswa di masa pandemi covid disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor individu siswa itu sendiri, kuota internet, lingkungan sekolah, dan keluarga. Sehingga layanan bimbingan dan konseling diberikan untuk membantu siswa dalam mengurangi kesulitan belajar yang mereka rasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk layanan apa saja yang dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta khususnya di masa covid. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta siswa kelas VII C SMP Negeri 8 Yogyakarta. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bentuk layanan bimbingan dan konseling. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk layanan bimbingan dan konseling untuk mereduksi kesulitan belajar siswa di masa pandemi ada tiga bentuk yaitu layanan orientasi, layanan informasi, dan layanan konseling individu. %Z Pembimbing: Drs. H. Abdullah, M.Si.