%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR SUSWANTI - NIM. 06670002, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:5182 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K metode mind maps dan prestasi belajar %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5182/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mind maps dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan metode mind maps pada Materi Pokok Minyak Bumi kelas X semester 2 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah metode mind maps, dua sampel yang dibandingkan adalah kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini sebanyak 7 kelas yaitu dari kelas XC sampai kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 249 peserta didik. Jumlah sampel 71 peserta didik yang ditentukan dengan purposive sampling. Variabel penelitian terdiri atas metode mind maps (X) dan prestasi belajar kimia (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknis tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind maps dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan metode mind maps. Hal ini terbukti dari hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan thitung ttabel yaitu 4,333 1,994 dan p 0,05 yaitu 0,00 0,05, sehingga terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata di kelas eksperimen lebih besar (14,750) dibandingkan rerata di kelas kontrol (12,676). Penelitian ini membuktikan metode mind maps efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. %Z Pembimbing: Khamidinal, M.Si