%A NIM.: 20204011009 Sri Devi Monica %O Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag, M. Ag %T IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN %X Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, rumusan masalah: (1) bagaimana implementasi penilaian autentik kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama isalam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?; (2) apa implikasi penilaian autentik terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?; (3) apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi dimana hasil observasi, wawancara dan dokumentasi digabungkan dan di deskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tanjung pandan. Dilaksanakan sejak awal diberlakukan kurikulum 2013, baik penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan; (2) Implikasi penilaian autentik di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, menumbuhkan dampak positif seperti: meningkatkan partisifasi aktif siswa, mampu mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, inisiatif, kemandirian, keterampilan belajar dan semangat belajar; (3) Hal yang menjadi penghambat pelaksanaan penilaian autentik di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, diantaranya; (a) banyaknya tugas yang diberikan guru, mengakibatkan siswa terlambat dalam mengumpulkan tugas; (b) jumlah siswa yang banyak sehingga dibutuhkannya waktu yang banyak untuk penilaian autentik yang sesungguhnya; (c) pemberian nilai siswa masih dalam bentuk pengolaan angka; d) penilaian autentik menjadikan guru harus mengolah waktu karena banyaknya jenis penilaian. Adapun hal yang menjadi pendukung pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, diantaranya: (a) kemahiran guru dalam mengajar dan mengimplementasikan kurikulum 2013, sehingga berjalan dengan lancar; (b) siswa yang ada disekolah termasuk siswa pilihan, sehingga mudah dalam pelaksanaan; (c) sarana dan prasarana yang memadai. %K Implementasi, Penilaian autentik, Kurikulum 2013 %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51820