eprintid: 51829 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/18/29 datestamp: 2022-07-11 07:41:57 lastmod: 2022-07-11 07:41:57 status_changed: 2022-07-11 07:41:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Laily Nur Noviana Suratno, NIM.: 17106090021 title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP/MTS KELAS VIII ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Penelitian Pengembanga; Model 3-D; Pembelajaran Remedial note: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan modul remedial pada materi usaha dan energi untuk peserta didik 2) Mengetahui kualitas modul pada materi usaha dan energi untuk peserta didik 3) Mengetahui respons peserta didik terhadap modul remedial 4) Mengetahui besar peningkatan ketuntasan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan yang dipakai dalam rancangan menggunakan model 3-D. Model pengembangan terdiri dari tahapan berikut: Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (Pengembangan) yang diadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari komentar dan saran validator (ahli materi dan ahli media), sedangkan data kuantitatif diperoleh dari respon siswa terhadap modul pembelajaran, nilai sebelum remedial dan nilai peningkatan prestasi belajar setelah menggunakan modul remedial. Ujicoba dilakukan pada uji coba terbatas yang terdiri dari 6 peserta didik dan uji coba luas 21 orang siswa. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa modul remedial pada materi usaha dan energi. Kualitas Modul Remedial menurut ahli materi, ahli media memiliki kualitas Baik (B). Berdasarkan uji coba lapangan, mendapat hasil rata-rata post test sebesar 91. Ini berarti, modul remedial mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai skor standar gain sebesar 0,8. date: 2022-06-13 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Laily Nur Noviana Suratno, NIM.: 17106090021 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP/MTS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51829/1/17106090021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51829/2/17106090021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf