@phdthesis{digilib5184, month = {January}, title = {STUDI MISKONSEPSI KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 SENTOLO}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NURSIWI TRIUTAMI - NIM. 05440019}, year = {2011}, note = {Pembimbing: 1. Susy Yunita Prabawati, M.Si 2. Nina Hamidah, S.Si M.A}, keywords = {Miskonsepsi, Stoikiometri, Pembelajaran efektif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5184/}, abstract = { ABSTRAK Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Sentolo Kulonprogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadi atau tidaknya miskonsepsi pada siswa kelas X untuk materi stoikiometri tahun ajaran 2009/2010, yang meliputi konsep: Tatanama senyawa, Hukum Proust, Hukum Lavoisier, Hukum Gay Lussac, Persamaan Reaksi, Konsep Mol, Rumus Empiris dan Rumus Molekul, dan Pereaksi Pembatas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sentolo yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 160 siswa. Masing masing kelas berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas, dengan rincian 1 kelas untuk validasi instrumen dan kelas yang lain sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan siswa yang hampir sepadan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal miskonsepsi yang berupa soal pilihan ganda yang disertai dengan penjelasan jawaban. Analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata siswa mengalami miskonsepsi sebesar 11,03\%, tidak memahami konsep sebesar 48,18\%, dan memahami konsep sebesar 40,89\%. Persentase miskonsepsi paling tinggi terdapat pada konsep tata nama senyawa yaitu sebesar 61,29\% dan terendah pada konsep mol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi miskonsepsi siswa kelas X di SMA N Sentolo Kulonprogo pada materi stoikiometri pada konsep-konsep tersebut. Solusi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekaligus dapat mengatasi miskonsepsi tersebut antara lain menggunakan metode metode pada pembelajaran efektif (effective learning ) yang ditekankan pada pemahaman konsep. div } }