%A NIM.: 15420009 Mokhamad Zaeni Amin %O Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd. %T ATHAR NASHITAT AL MUNAZIRAH LI DIRASAH QAWA'ID AL LUGHAT AL ARABIYYAH ALA KAFA'AH MAHARAT AL QIRA'AH FI FASL AL ALFIYYAT AL THANI BI MA'HAD AL LUQMANIYYAH AL ISLAMIYYAH AL SALAFI BI JOGJAKARTA AL SANAT AL DIRASIYYAH 1439/1440 H %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengungkapkan proses diskusi dalam pembejaran Qowaid Bahasa Arab di kelas Alfiah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun Ajaran 1439-1440H dan hubungannya terhadap kecakapan kemampuan membaca, 2) Mengungkapkan besarnya pengaruh keaktifan diskusi dalam pembejaran Qowaid Bahasa Arab terhadap kecakapan kemampuan membaca di kelas Alfiah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun Ajaran 1439-1440H. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datanya bersifat kuantitatif korelasional. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan persyaratan analisis Regresi Linier, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan diskusi dalam pembejaran Qowaid Bahasa Arab terhadap kecakapan kemampuan membaca di kelas Alfiah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun Ajaran 1439-1440H. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,154 (Ho diterima). Sedangkan perhitungan Pearson Correlation menunjukkan angka 0,224, dari hasil ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan keduanya tergolong hubungan rendah. Selain itu nilai (R Square) menunjukkan angka 0,050, yang dapat ditarik kesimpulan bahwa prosentase hubungannya sebesar 5%. %K Keaktifan Diskusi, Kecapan Kemampuan Membaca, Qowaid Bahasa Arab %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51853