eprintid: 51854 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/18/54 datestamp: 2022-07-11 08:11:47 lastmod: 2022-07-11 08:11:47 status_changed: 2022-07-11 08:11:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Insan Kamil, NIM.: 15420030 title: TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Scramble, Muthola’ah note: Pembimbing: Nurul Huda, SS., M.Pd.I abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Muthola’ah dengan metode scramble di kelas 2 MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta, untuk mengetahui kendala, solusinya serta mengetahui hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode scramble dilaksanakan dengan mempersiapakan bahan berupa potongan terjemahan, perekat, serta selembar kertas sebagai tempat menempel. Dengan waktu yang disediakan oleh pengajar siswa secara berkelompok harus menyelesaikan potongan terjemahan itu sesuai dengan wacana bahasa Arab yang asli dengan waktu yang telah ditentukan. Siswa diharuskan untuk bekerja sama demi melaksanakan tugas dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi yaitu metode ini tidak bisa dilaksanakan secara mendadak, setiap materi baru harus dipersiapkan lagi serta metode ini tidak efektif dilaksanakan secara terus menerus menimbang biaya dan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkannya. Adapun solusinya adalah pengajar hanya menggunakan metode ini hanya beberapa kali dalam satu semester, hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosan dan menumbuhkan daya tarik siswa untuk belajar kembali setelah sekian lama belajar. 3) Metode scramble dapat membuat peserta didik mampu membacakan kembali materi berupa teks narasi berbahasa Arab dengan baik dan lancar. Kemudian siswa dapat memahami isi wacana dengan baik dan dapat menambah kekayaan kosa kata pada diri siswa. date: 2019-08-16 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Insan Kamil, NIM.: 15420030 (2019) TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51854/1/15420030-BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA%2C%20LAMPIRAN.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51854/2/15420030-BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf