TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Syafaul Mudawam, MA., MM ID - digilib51857 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51857/ A1 - Mohamad Sidik Saprina, NIM.: 18103080037 Y1 - 2022/06/02/ N2 - Beraneka macam merk telepon pintar membuat para pemilik yang mempunyai masalah atau kerusakan di perangkatnya perlu selektif dalam memilih tempat penyedia jasa servis telepon pintar. Setiap tempat servis tidak semuanya bisa mengatasi permasalahan dan kerusakan yang terjadi pada telepon pintar konsumen. Dan setiap penyedia jasa servis telepon pintar juga terkadang tidak amanah dalam mengerjakan tugasnya memperbaiki masalah atau kerusakan telepon pintar konsumennya. Ancaman penyalahgunaan kewenangan ini seperti membuka, melihat, menyimpan, menyebarkan, dan menjual data ataupun data digital yang berhubungan dengan privasi konsumennya. Tindakan mengotak-atik telepon pintar tanpa memperoleh izin pemilik telepon pintar merupakan hal melampaui batas dari seorang teknisi dan dilarang. Dalam hal ini peneliti mengkaji terkait praktik akad jasa servis serta perlindungan privasi data konsumen dalam perspektif al-ma?lah?ah al-mursalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan normatif empiris. Sedangkan metode analisis data menggunakan deksripsi kualitatif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik akad jasa servis telepon pintar di Kecamatan Umbulharjo termasuk dalam klasifikasi maslahah hajjiyat, yang pada prinsipnya adalah mubah karena dalam praktiknya kedua belah pihak secara umum telah sesuai rukun dan syarat akad, yang meliputi aqidain (dua orang yang berakad), ma?qud ?alaih (objek akad), shighat (ucapan). Proses servis antara pemilik telepon pintar dan teknisi perlu memperhatikan adanya data-data pribadi pemilik telepon yang terdapat hak didalamnya seperti rincian kontak, informasi pribadi, preferensi, dan data digital lainnya yang tidak boleh dilanggar. Dalam perspektif al-ma?lah?ah al-mursalah proses pelaksananan akad perlu memperhatikan lima pokok ma?lahah untuk sampai pada konsep tujuan maq??id al-syar??ah seperti memelihara agama (hifdzl-din), jiwa (hifdz al-nafs), akal (hifdzal-aql), keturunan (hifdz nasl) dan harta (hifdz al-mall). Hal ini untuk merumuskan hukum-hukum Islam dalam praktiknya dapat dijadikan landasan hukum serta dapat diaplikasikan dalam akad semacam ini selagi tidak melenceng dari tujuan-tujuan yang terkandung dalam al-Qur?an dan Hadis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Privasi Data Konsumen KW - Teknisi Telepon Pintar KW - Al-Ma?lah?ah Al-Mursalah KW - Akad M1 - skripsi TI - PERLINDUNGAN PRIVASI DATA KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF AL-MASLAHHAH AL-MURSALAH (STUDI KASUS JASA SERVIS TELEPON PINTAR DI KECAMATAN UMBULHARJO) AV - restricted EP - 137 ER -