%A NIM.: 15420090 Zainisa Hana Makruf Rohmawati %O Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, MA. %T TAHLIL AL NASS AL SEMIOTIKA FI KITAB AL QIRA'AT AL RASHIDAH MIN HAYTHU TA'LIM AL SHAKHSIYYAH %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kajian terkait dengan bahan ajar bahasa Arab yang diantaranya yaitu menggunakan analisis isi, analisis kesalahan, analisis kontrastif dan minimnya penggunaan analisis-analisis lain dalam kajian terkait dengan bahan ajar. Kegelisahan pendidikan pada saat ini yaitu bahwa pendidikan bahasa Arab tidak terlepas dari bahan ajar yang diterapkan disekolah, akan tetapi masih sedikit analisis dan evaluasi kelayakan bahan ajar bahasa Arab sehingga masih banyak bahan ajar yang kurang cocok di terapkan disekolah. Para peneliti seringkali hanya berfokus kepada bahan ajar utama bahasa Arab seperti buku “Ta’limullughah al-‘Arabiyah” padahal masih banyak buku-buku pelengkap lain yang menarik untuk di teliti seperti contohnya buku “al-Qira’ah ar-Rasyidah”. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk menggunakan pendekatan semiotik untuk menganalisis tema-tema cerita dengan menghubungkan pendidikan karakter peserta didik dan menggunakan buku al-Qira’ah ar-Rasyidah sebagai objek penelitiannya. Penulis menggambil 3 tema tertentu yaitu: al-Hamamatu wa an-Namlatu, an-Nahlatu wa az-Zinbaru, Sa’atu al-Khaithi wa al-Mizwalatu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce dengan acuan ikon, indeks dan simbol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat ikon, indeks dan simbol pada setiap teks, dan terdapat pula tanda-tanda dan makna yang identik dari ketiga teks dalam pendidikan katakter seperti sikap toleransi, gotong royong dan saling membantu, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, peduli sosial dan tanggung jawab. %K Semiotik, Pendidikan Karakter, Buku al-Qira’ah ar-Rasyidah %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51862