%0 Thesis %9 Skripsi %A Putri Octaviani, NIM.: 15420104 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:51867 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Card Sort, Index Card match, Pembelajaran Qowa’id. %P 108 %T STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA METODE CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS VIII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51867/ %X Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena melihat pembelajaran bahasa Arab di MTs N 1 Yogyakarta itu masih berpusat pada guru, guru banyak berperan aktif dalam pembelajaran sedangkan peserta didik cenderung pasif ketika menerima pelajaran, sehingga sebagian dari peserta didik masih belum mencapai pemahaman yang maksimal. Karena metode card sort dan index card match adalah dua metode yang banyak melibatkan siswa sehingga peneliti mencoba unutuk menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran qowa’id dan ingin mengetahui keefektifan dari masing – masing metode. Peneliti juga berharap bahwasanya dengan diadakanya penerapan metode ini dapat memberikan saran kepada guru terkait kedua metode tersebut agar dapat digunakan dalam pembelajaran qowa’id. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran qowa’id menggunakan metode card sort dan index card match. (2) Untuk mengetahui efektivitas metode card sort dan index card match dalam pembelajaran qowa’id (3) mengetahui mana yang lebih efektif antara metode card sort dan index card match apabila diterapkan dalam pembelajaran qowa’id. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitianya adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Yogyakrta. Sampelnya adalah kelas VIII C sebagai kelas metode card sort dan kelas VIII F sebagai kelas metode index card match. Tehnik mengumpulan data menggunakan teknik test, wawancara, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode index card match lebih efektif digunakan dalam pembelajaran qowa’id dibandingkan dengan metode card sort. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest siswa, rata-rata nilai posttest kelas metode index card match sebesar 86,05 sedangkan kelas metode card sort memiliki hasil sebesar 70,90. Selain itu, jika dilihat dari hasil analisis uji “t” yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 dan sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa Ha diterima yang berarti metode index card match lebih efektif dibandingkan dengan metode card sort. Berdasarkan analisis data yang telah disebutkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode index card match dapat diterapkan sebagai solusi alternative dalam pembelajaran qowa’id siswa kelas VIII MTsN 1 Yogyakarta. %Z Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.