eprintid: 5188 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/88 datestamp: 2024-03-22 06:39:15 lastmod: 2024-03-22 06:39:37 status_changed: 2012-05-04 16:47:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RINI DWI ASTUTI - NIM. 06600037, title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Square, Talking Stick, Keaktifan note: Pembimbing: 1. M. Abrori, M. Kom., 2. Suparni, M. Pd., abstract: ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa saat pembelajaran matematika berlangsung, dimana siswa enggan bertanya, takut salah, dan malu berpendapat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang terdiri atas 34 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan metode Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa diupayakan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan metode Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri atas 4 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket, wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Validasi instrumen dalam penelitian ini antara lain dilakukan dengan expert judgment dan validitas empirik. Teknik analisis data dilakukan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Think Pair Square (TPSq) dengan metode Talking Stick dengan pembagian materi yang berbeda untuk satu kelompoknya yang diselesaikan dengan berpikir individu, diskusi kelompok serta presentasi hasil diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan pada pembelajaran matematika. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 67,96% dengan kualifikasi sedang dan mengalami peningkatan sebesar 5,64% sehingga persentase keberhasilan pada siklus II mencapai 73,60% dengan kualifikasi tinggi. Peningkatan keaktifan tersebut tersebut ditunjukkan dengan siswa mampu bekeja sendiri dan bekerjasama dalam kelompoknya, saling berdiskusi, saling menyampaikan ide/pendapat serta mengomentari jawaban temannya. div date: 2011-01-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-01-03 14:47:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rinidwiast-4968-1-rinidwi-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--rinidwiast-4968-1-rinidwi-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5531 ; nama file lama : RINI DWI ASTUTI - NIM. 06600037 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2029214 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-01-03 14:47:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rinidwiast-4968-1-rinidwi-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--rinidwiast-4968-1-rinidwi-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5531 ; nama file lama : RINI DWI ASTUTI - NIM. 06600037 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2029214 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RINI DWI ASTUTI - NIM. 06600037 (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5188/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5188/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf