eprintid: 5189 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/89 datestamp: 2013-03-22 09:55:11 lastmod: 2016-03-02 03:07:52 status_changed: 2012-05-04 16:47:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROSIDIN - NIM. 04451092-03, title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran kontekstual, aktivitas belajar, prestasi kognitif, note: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi Bakteri di MA Wahid Hasyim kelas X A semester I; (2) peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual; (3) peningkatan prestasi kognitif siswa setelah diterapkan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data hasil observasi yang meliputi data pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan diskusi, dan data prestasi kognitif siswa (C1, C2, C3, dan C4) dengan menggunakan nilai hasil pre-test dan post-test pada tiap siklus. Data aktivitas siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase siswa yang meningkat pada masing-masing aspek indikator. Sedangkan data prestasi kognitif yang diperoleh dianalisis dengan teknik effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat terlaksana dengan baik di kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta. Pelaksanaan pendekatan kontekstual dalam pelajaran Biologi dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan prestasi kognitif siswa kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang melakukan aspek-aspek yang menjadi indikator aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan prestasi kognitif siswa ditunjukkan dengan rerata nilai pre-test dan pos-test siswa serta nilai effect size yang dihasilkan pada tiap siklus. date: 2011-01-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-03 14:56:59 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rosidinnim-4969-1-rosidin-r.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--rosidinnim-4969-1-rosidin-r.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5532 ; nama file lama : ROSIDIN - NIM. 04451092-03 PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1936346 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ROSIDIN - NIM. 04451092-03, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5189/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5189/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf