TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Rosnawati, M. Si 2. Ibrahim, M. Pd. ID - digilib5192 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5192/ A1 - SITI NAFIAH - NIM. 05430018, Y1 - 2011/01/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menelaah ketercapaian kemampuan berkomunikasi matematis dan kemampuan berfikir kritis melalui SPBM ( Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah) melalui mata pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan kelas ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus, siklus yang pertama terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus yang kedua terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan jurnal harian pelaksanaan. Adapun validasi instrumen penelitian ini adalah menggunakan validasi dari expert judgement. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa SPBM yang dilaksanakan di kelas XI IPS MA Ibnul Qoyyim ini diberikan melalui masalah yang berupa masalah kontekstual, yang dipecahkan melalui berdiskusi secara berkelompok yang terdiri dari 2 orang dengan menyelesaikan masalah yang diberikan melalui LKS. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyajian hasil karya yang dilakukan dengan cara memilih beberapa perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil penemuan dan mempertanggungjawabkan hasilnya. Setelah itu dilanjutkan dengan proses menganalisis dan mengevaluasi yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dengan proses tersebut di atas kemampuan berkomunikasi matematis dan berfikir kritis kelas XI IPS Ibnul Qoyyim putri meningkat. Siswa sudah mampu perperan aktif dalam pembelajaran, yaitu dengan cara berdiskusi dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah dan mampu menjawab soal tes sesuai dengan instruksi yang diberikan. Ketercapaian ini dapat dilihat dari hasil observasi pengamatan berkomunikasi matematis siswa yang mencapai 51,02%. Pada siklus I, sedang pada siklus II kemampuan tersebut mencapai 62,49%. Kemudian pada kemampuan berfikir kritis siswa mencapai 58,03%, sedang pada siklus II kemampuan tersebut mencapai 69,64%. Serta pada hasil evaluasi pada akhir siklus yang mencapai 59,71% pada siklus I, dan pada siklus II yang mencapai 63,92%. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - berkomunikasi matematis KW - berfikir kritis M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM UPAYA PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MA IBNUL QOYYIM PUTRI AV - restricted ER -