eprintid: 5192 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/51/92 datestamp: 2013-03-25 15:07:04 lastmod: 2016-12-14 09:02:28 status_changed: 2012-05-04 16:47:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI NAFIAH - NIM. 05430018, title: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM UPAYA PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MA IBNUL QOYYIM PUTRI ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: berkomunikasi matematis, berfikir kritis note: Pembimbing: 1. Rosnawati, M. Si 2. Ibrahim, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah ketercapaian kemampuan berkomunikasi matematis dan kemampuan berfikir kritis melalui SPBM ( Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah) melalui mata pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan kelas ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus, siklus yang pertama terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus yang kedua terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan jurnal harian pelaksanaan. Adapun validasi instrumen penelitian ini adalah menggunakan validasi dari expert judgement. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa SPBM yang dilaksanakan di kelas XI IPS MA Ibnul Qoyyim ini diberikan melalui masalah yang berupa masalah kontekstual, yang dipecahkan melalui berdiskusi secara berkelompok yang terdiri dari 2 orang dengan menyelesaikan masalah yang diberikan melalui LKS. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyajian hasil karya yang dilakukan dengan cara memilih beberapa perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil penemuan dan mempertanggungjawabkan hasilnya. Setelah itu dilanjutkan dengan proses menganalisis dan mengevaluasi yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dengan proses tersebut di atas kemampuan berkomunikasi matematis dan berfikir kritis kelas XI IPS Ibnul Qoyyim putri meningkat. Siswa sudah mampu perperan aktif dalam pembelajaran, yaitu dengan cara berdiskusi dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah dan mampu menjawab soal tes sesuai dengan instruksi yang diberikan. Ketercapaian ini dapat dilihat dari hasil observasi pengamatan berkomunikasi matematis siswa yang mencapai 51,02%. Pada siklus I, sedang pada siklus II kemampuan tersebut mencapai 62,49%. Kemudian pada kemampuan berfikir kritis siswa mencapai 58,03%, sedang pada siklus II kemampuan tersebut mencapai 69,64%. Serta pada hasil evaluasi pada akhir siklus yang mencapai 59,71% pada siklus I, dan pada siklus II yang mencapai 63,92%. date: 2011-01-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-03 15:25:13 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitinafiah-4972-1-sitinaf-s.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--sitinafiah-4972-1-sitinaf-s.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5535 ; nama file lama : SITI NAFIAH - NIM. 05430018 PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM UPAYA PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERFIKIR KRITIS.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1340490 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI NAFIAH - NIM. 05430018, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM UPAYA PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MA IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5192/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5192/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf