eprintid: 5193 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/93 datestamp: 2013-02-14 08:33:06 lastmod: 2016-02-19 06:28:45 status_changed: 2012-05-04 16:47:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI ROHMAH - NIM. 06670004, title: IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: team teaching (pengajaran beregu), pembelajaran kimia. note: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, MA., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, tujuan dan implementasi metode team teaching dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Banguntapan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh guru dan siswa serta dampak penerapan metode team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, di mana kasus yang diteliti adalah implementasi metode team teaching di SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, analisis dokumen serta Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Secara umum penerapan metode team teaching di SMA Negeri 1 Banguntapan ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kurikulum, tuntutan bagi guru minimal mengajar 24 jam tatap muka, efektivitas pembelajaran, dan rekomendasi Pemerintah. Tujuan dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun pada saat praktikum di laboratorium. Tujuan lain dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk membantu siswa memahami materi kimia dengan baik, mengoptimalkan penilain kognitf, afektif, dan psikomotorik siswa serta membangun budaya kerjasama yang baik di antara guru. Metode team teaching yang diterapkan di SMA Negeri 1 Banguntapan pada dasarnya mengikuti jenis team teaching penuh (full team teaching). Dampak yang dirasakan oleh guru dari penerapan metode team teaching ini adalah guru lebih siap dalam proses pembelajaran sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat lebih maksimal, terbentuk kerjasama yang baik antara kedua guru, serta guru dapat lebih meningkatkan pengetahunnya karena mendapat masukan dari pelaku team teaching yang lain. Di samping itu, terpenuhinya beban mengajar minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu untuk guru yang sudah disertifikasi. Dampak yang dirasakan oleh siswa sendiri adalah motivasi siswa semakin meningkat dan prestasi siswa juga ikut meningkat meskipun hanya beberapa siswa. Seluruh proses ini berjalan tanpa kendala berarti. date: 2011-01-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-04 09:44:28 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitirohmah-4973-1-sitiroh-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--sitirohmah-4973-1-sitiroh-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5536 ; nama file lama : SITI ROHMAH - NIM. 06670004 IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 933709 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI ROHMAH - NIM. 06670004, (2011) IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5193/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5193/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf