relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51933/ title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY DILENGKAPI DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP KELAS VIII creator: Khubaila Yushi Rumana, NIM.: 14600005 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Matematika description: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok semester genap tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII A dan kelas VIII D. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas VIII D dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale keaktifan, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika nonparametrik yaitu uji mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa dan model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. date: 2019-05-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51933/1/14600005_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51933/2/14600005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Khubaila Yushi Rumana, NIM.: 14600005 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY DILENGKAPI DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.