eprintid: 51933 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/19/33 datestamp: 2022-07-13 05:09:18 lastmod: 2022-07-13 05:09:18 status_changed: 2022-07-13 05:09:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khubaila Yushi Rumana, NIM.: 14600005 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY DILENGKAPI DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP KELAS VIII ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Discovery, Make a Match, Pemahaman Konsep, Keaktifan note: Pembimbing: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok semester genap tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII A dan kelas VIII D. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas VIII D dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale keaktifan, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika nonparametrik yaitu uji mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa dan model guided discovery dilengkapi dengan metode make a match tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. date: 2019-05-16 date_type: published pages: 411 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khubaila Yushi Rumana, NIM.: 14600005 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY DILENGKAPI DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51933/1/14600005_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51933/2/14600005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf