@phdthesis{digilib51935, month = {February}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14600014 Esti Kurniawati}, year = {2019}, note = {Pembimbing: Suparni, M.Pd.}, keywords = {PMRI, Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Efficacy.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51935/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII D dan VIII F. Instrumen penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah, prescale-postscale self-efficacy, RPP dan LKS. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw tidak lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap self-efficacy siswa.} }