eprintid: 51936 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/19/36 datestamp: 2022-07-13 07:25:16 lastmod: 2022-07-13 07:25:16 status_changed: 2022-07-13 07:25:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rizqi Pramudigtya Wibowo, NIM.: 15600050 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA ispublished: pub subjects: kom_pen subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Teams Games Tournament, Kancing Gemerincing, Kemampuan Komunikasi Matematis, Keaktifan note: Pembimbing: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing dan variavel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dan keaktifan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Gunungkidul tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis siswa, prescale-postscale keaktifan siswa, dan RPP. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik uji-t untuk kemampuan komunikasi matematis dan uji non-parametrik Mann Whitney untuk keaktifan siswa. Analisis data dilakukan melalui software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. date: 2019-05-17 date_type: published pages: 294 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizqi Pramudigtya Wibowo, NIM.: 15600050 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51936/1/15600050_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51936/2/15600050_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf