TY - THES N1 - Pembimbing: Suparni, M.Pd. ID - digilib51943 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51943/ A1 - Listya Indah, NIM.: 14600015 Y1 - 2019/02/26/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemecahan masalah. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan PMRI dengan metode STAD serta variabel terikat yaitu pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII F dan VIII I. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self-efficacy, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t? (t aksen) dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemecahan masalah. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - PMRI KW - STAD KW - Pemecahan Masalah KW - Self-efficacy M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs AV - restricted EP - 424 ER -