%A NIM.: 14600017 Nurussani Kharisah %O Pembimbing: Suparni, S.Pd. M.Pd. %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIME TOKEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri 7 Bantul semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari pra tindakan sebesar 39,40, pada siklus 1 meningkat mencapai 53,20 dan peningkatan pada siklus 2 mencapai 70,00 serta sudah dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata persentase keaktifan belajar dari pra tindakan sebesar 55,43%, pada siklus 1 meningkat mencapai 71,64%,dan peningkatan pada siklus 2 mencapai 81,73% dalam kategori tinggi. %K Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Group Investigation,Time Token, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Keaktifan Siswa %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51944