eprintid: 51945 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/19/45 datestamp: 2022-07-13 06:59:06 lastmod: 2022-07-13 06:59:06 status_changed: 2022-07-13 06:59:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Defreni Mardatillah, NIM.: 14600020 title: EFEKTIVITAS MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Auditory Intellectually and Repetition (AIR), Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Confidence note: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Auditory Intellectually and Repetition (AIR) dan dua variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C dan kelas VIII D. Kelas VIII C dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Auditory Intellectually and Repetition (AIR). Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest- xx posttest kemampuan penalaran matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP yang dilengkapi Hypotetical Learning Trajectory, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data untuk menjawab kedua tujuan penelitian ini menggunakan uji t sampel independen dengan bantuan softwae SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model Auditory Intellectually and Repetition (AIR) lebih efektif terhadap kemampuan penalaran matematis daripada model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Auditory Intellectually and Repetition (AIR) tidak lebih efektif terhadap self-confidence siswa daripada model pembelajaran konvensional. date: 2019-02-25 date_type: published pages: 395 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Defreni Mardatillah, NIM.: 14600020 (2019) EFEKTIVITAS MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51945/1/14600020_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51945/2/14600020_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf