%0 Thesis %9 Skripsi %A Tsalits Mir Atul Ummah, NIM.: 14600023 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2019 %F digilib:51946 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Confidence %P 302 %T EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51946/ %X Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) serta variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An Nur, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C dan VIII D. Kelas VIII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Kelas VIII C dijadikan sebagai kelas kontrol yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan penalaran matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk kemampuan penalaran matematis dan uji Mann-Whitney untuk self-confidence. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut memiliki efektivitas yang sama dengan model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence. %Z Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd