TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. ID - digilib51948 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51948/ A1 - Fasqina Salsabila, NIM.: 14600045 Y1 - 2019/02/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Brain Based Learning (BBL) dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Brain Based Learning (BBL) dan dua variabel terikat yaitu kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MA Negeri 1 Blora, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 3. Kelas XI MIPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Brain Based Learning (BBL). Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale kemandirian belajar, RPP yang dilengkapi Hypotetical Learning Trajectory, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah uji perbedaan rata-rata. Menggunakan uji t sampel independen jika memenuhi uji prasyarat dan menggunakan uji Mann Whitney jika tidak memenuhi uji prasyarat. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model Brain Based Learning (BBL) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model Brain Based Learning (BBL) memiliki efektivitas yang sama dengan pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Problem Based Learning KW - Metode Group Investigation KW - Time Token KW - Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika KW - Keaktifan Siswa M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA AV - restricted EP - 258 ER -