@phdthesis{digilib51949, month = {May}, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15600037 Dewani Roro Rengganis}, year = {2019}, note = {Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd.}, keywords = {Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51949/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas 10 IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 10 IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas 10 IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sama dengan pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa.} }