<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI"^^ . " ABSTRAK Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan penerapan metode diskusi dan presentasi dalam pembelajaran biologi di kelas VIIa MTs Wahid Hasyim, 2) Mengetahui siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa, 3) Mengetahui peningkatan kompetensi apa saja yang muncul dalam setiap siklus. \r\nDesain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan beberapa siklus pada siswa kelas VIIa semester II di MTs Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Materi pelajaran yang digunakan adalah materi pokok Virus (pengertian virus, ciri-ciri virus, cara hidup virus, peranan virus dalam kehidupan manusia pada siklus I serta macam-macam virus yang menyebabkan penyakit pada manusia pada siklus II). Data yang dikumpulkan berupa data minat belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test antar siklus. Data minat belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase dan rerata tertimbang pada masing-masing aspek dalam minat belajar. Data pemahaman siswa diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dan presentasi dapat terlaksana pada pembelajaran biologi materi pokok virus siswa kelas VIIa semester II di MTs Wahid Hasyim tahun pelajaran 2009/2010. Metode diskusi dan presentasi dapat dilaksanakan dengan dua siklus di kelas VIIa semester II di MTs Wahid Hasyim pada materi pokok virus dengan memperbaiki hand out pada siklus II. Metode diskusi dan presentasi dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman biologi siswa kelas VIIa semester II MTs Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2009/2010 pada materi pokok virus meskipun peningkatannya belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada minat belajar siswa secara keseluruhan naik sebesar 1,02, sedangkan peningkatan pemahaman siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,75. div "^^ . "2011-01-04" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "/S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "SITI ULIEN NI'MAH - NIM. 04451063"^^ . " SITI ULIEN NI'MAH - NIM. 04451063"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Text)"^^ . . . "BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Text)"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #5195 \n\nUPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . .