relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51958/ title: Representasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor creator: Edy Purwanto, - creator: Winarti, - subject: Fisika description: Mempelajari fisika bukan sekedar bisa mengerjakan persamaan matematis saja, lebih penting dari itu adalah bagaimana memahami konsep. Konsepsi awal yang terbentuk akan sangat mempengaruhi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran miskonsepsi pada materi suhu dan kalor peserta didik di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan 2 teknik yakni teknik tes dan non tes. Teknik tes dengan metode taes dan instrumen soal diagnostik jenis three tier. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Bantul Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 38 peserta didik yang telah mengikuti pembelajaran materi suhu dan kalor. Instrumen diagnostik yang digunakan untuk penelitian ini sejumalh 20 soal. Sebelum soal digunakan terlebih dahulu dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan untuk mengkategorikan posisi pemahaman konsep peserta didik pada materi suhu dan kalor. Jawaban siswa dari setiap butir soal tes diagnostik dikategorikan ke dalam beberapa kategori jawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 5.26% peserta didik memahami konsep, 55.26% peserta didik mengalami miskonsepsi, 31.59% mengalami kurangnya pengetahuan, dan 7,89 % adalah jawaban error. Ada beberapa kecenderungan yang menjadi miskonsepsi peserta didik dari materi suhu dan kalor, diantaranya adalah konsep suhu dan konsep pemuaian. date: 2021-06 type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51958/1/Representasi%20Miskonsepsi%20Peserta%20Didik%20pada%20Materi%20Suhu%20dan%20Kalor.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51958/2/surat-surat-pernyataan1657761689.pdf identifier: Edy Purwanto, - and Winarti, - (2021) Representasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor. Papua Journal of Physics Education (PJPE), 01 (01). pp. 28-35. ISSN ISSN: 2722-5852