eprintid: 5196 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/96 datestamp: 2013-02-14 09:40:11 lastmod: 2016-03-02 03:08:24 status_changed: 2012-05-04 16:47:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI SUTIANI - NIM. 05450025, title: INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Integrasi nilai keislaman, pendekatan Contextual Teaching and Learning, pemahaman materi biologi note: Pembimbing: Dra. Maizer Said Nahdi, M.Si. abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai keislaman terhadap pemahaman materi biologi Subpokok Bahasan Ekosistem dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Randomized Control Group Pretest-Postest, termasuk dalam Quasi experiment (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X semester 2 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Tahun Ajaran 2009/2010. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas. Kelas XA sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas XB dan XC sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes, lembar angket dan lembar observasi. Analisis data tes melalui pengujian hipotesis dengan uji-t menggunakan progam komputer SPSS 12 for windows, sedangkan data angket serta observasi di analisis secara deskriptif. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap integrasi nilai keislaman dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning menunjukkan bahwa 27,1% siswa memberikan tanggapan sangat setuju, 52,9% memberikan tanggapan setuju, 19,19% memberikan tanggapan ragu-ragu dan 0,82% memberikan tanggapan tidak setuju. Hasil analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varins yang homogen. Hasil analisis tes diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 73,83, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 sebesar 76,25 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 2 adalah 76,41. Jika dilihat sepintas dari hasil tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa antar kelas kontrol dan eksperimen. Setelah dilakukan uji t pada kelas eksperimen 1 diperoleh hasil t.hit -0,948 t.tab 2,000, sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai t.hit -1,104 t.tab 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa integrasi nilai keislaman denagn pendekatan Contextual Teaching and Learning tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman materi biologi siswa. date: 2011-01-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-04 10:09:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srisutiani-4976-1-srisuti-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--srisutiani-4976-1-srisuti-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5540 ; nama file lama : SRI SUTIANI - NIM. 05450025 INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 753847 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI SUTIANI - NIM. 05450025, (2011) INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5196/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5196/2/BAB%20II%2CIII.pdf