TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd. ID - digilib5197 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5197/ A1 - SUHARJANTI - NIM. 05450038, Y1 - 2011/01/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Biologi dengan mengunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas VII B SMP N 9 Yogyakartan dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus karena dalam pembelajaran mengalami peningkatan maka pada siklus ke dua di hentikan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar soal pre test dan post test siklus I dan siklus II. Data pre test dan post test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effek size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus II dengan nilai rata-rata post test siklus I. Selanjutnya ukuran effek dihitung dengan menggunakan rumus Cohen. Hasil penelitian menunjukan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat terlaksana pada pembelajaran Biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta. Pendekatan Contextual Teaching and Learning juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effek size sebesar 0,5 dan tingkat kenaikan ukuran efek yaitu ukuran efek d Cohen sebesar 0.2. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendekatan CTL KW - Prestasi Belajar M1 - skripsi TI - PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -