eprintid: 5197 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/97 datestamp: 2013-03-22 10:24:01 lastmod: 2016-03-02 03:15:55 status_changed: 2012-05-04 16:47:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUHARJANTI - NIM. 05450038, title: PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pendekatan CTL, Prestasi Belajar note: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Biologi dengan mengunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas VII B SMP N 9 Yogyakartan dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus karena dalam pembelajaran mengalami peningkatan maka pada siklus ke dua di hentikan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar soal pre test dan post test siklus I dan siklus II. Data pre test dan post test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effek size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus II dengan nilai rata-rata post test siklus I. Selanjutnya ukuran effek dihitung dengan menggunakan rumus Cohen. Hasil penelitian menunjukan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat terlaksana pada pembelajaran Biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta. Pendekatan Contextual Teaching and Learning juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effek size sebesar 0,5 dan tingkat kenaikan ukuran efek yaitu ukuran efek d Cohen sebesar 0.2. date: 2011-01-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-04 10:18:09 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--suharjanti-4977-1-suharjan-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/100/digilib-uinsuka--suharjanti-4977-1-suharjan-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5541 ; nama file lama : SUHARJANTI - NIM. 05450038 PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1582281 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SUHARJANTI - NIM. 05450038, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5197/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5197/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf