%A - Nur Arviyanto Himawan, %A - Winarti %J EDUSAINS %T STRATEGI METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEORI KINETIK GAS THE STRATEGY OF METACOGNITION TO IMPROVE PROBLEM SOLVING COMPETENCY IN KINETIC THEORY OF GASES %X Metakognisi merupakan bagian penting dalam proses pemecahan masalah, dimana siswa secara sadar mengontrol aktivitas kognisi dalam merencanakan, memantau serta mengevaluasi pemecahan masalah fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan nonequivalent control grup design. Sampel terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Digunakan teknik tes berupa lembar soal uraian untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah, dan teknik non tes berupa lembar observasi untuk memperoleh data tentang aktivitas belajar. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan metode kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain sebesar 0,61 (sedang), yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. %N 2 %K Strategi Metakognisi; Kemampuan Pemecahan Masalah; Teori Kinetik Gas %P 265-274 %V 10 %D 2018 %I Journal UIN Jakarta %L digilib52035