%0 Book %A Winarti, - %A Edi Istiyono, - %C Salatiga %D 2020 %F digilib:52039 %I Widya Sari Press %K Taksonomi Higher Order Thinking Skill (HOTS) , Pembelajaran Fisika %P 103 %T Taksonomi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Penilaian Pembelajaran Fisika %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52039/ %X Taksonomi berbasis Higher Order Thinking Skill ini di rancang berdasarkan kajian teori dan kajian empiris yang terwujud dalam sebuah penelitian. Pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 ini, menguasai pengetahuan saja bukanlah hal yang utama. Kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh pembelajar tentunya dengan mengacu pada 4C Skill (Collaboration,Communication, Critical Thinking dan Creativity). Penanaman kemampuan berpikir kepada siswa menjadi sangat penting untuk dilakukan. Tugas berat ini menjadi tanggung jawab bersama. Menanamkan higher order thinking skill dapat dimulai dari proses pembelajaran dan juga penilaian pembelajaran. Penilaian yang berbasis higher order thinking skill akan melatih siswa untuk memiliki kemampuan berpikir yang tinggi. Hal ini menjadi modal siswa untuk bisa bertahan di kehidupan yang akan datang