eprintid: 52047 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/05/20/47 datestamp: 2022-07-15 03:33:10 lastmod: 2022-07-15 03:35:28 status_changed: 2022-07-15 03:35:28 type: article metadata_visibility: show creators_name: Winarti, - title: Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0 ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: x_proc full_text_status: public keywords: Pendidikan Fisika abstract: Tujuan utama pendidikan sains adalah penanaman kemampuan berpikir, kemampuan memecahkan masalah, belajar secara mandiri, mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, berpikir kritis, kemampuan nalar dan berpikir kreatif (American Association for the Advancement of Science (AAAS), 1994; National Research Council (NRC), 1996 ; Barak & Shakhman, 2009). Banyak hal mempengaruhi perubahan tujuan pendidikan kita salah satunya dengan perubahan cepat yang terjadi akibat bergulirnya Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. Revolusi Industri 4.0 mengisyaratkan bahwa kebutuhan pembelajaran harus lebih mengedepankan apa yang dibutuhkan peserta didik, big data, analisis menjadi point utama untuk menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. Konsep Society 5.0 diadopsi Jepang sebagai antisipasi terhadap trend global munculnya Revolusi Industri 5.0. Dapat dtegaskan bahwa Society 5.0 merupakan jawaban atas tantangan Revolusi Industri 4.0 yakni berbasiskan pada internet of thing’s (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar) dan Robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia date: 2019 publication: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V publisher: e-journal.unipma.ac.id/ind pagerange: 1-8 refereed: TRUE issn: ISSN : 2527-6670 citation: Winarti, - (2019) Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V. pp. 1-8. ISSN ISSN : 2527-6670 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52047/1/2.%201408-3225-1-SM.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52047/2/surat-surat-pernyataan1657854365.pdf