eprintid: 52054 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/20/54 datestamp: 2022-07-15 04:17:38 lastmod: 2022-07-15 04:17:38 status_changed: 2022-07-15 04:17:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Isni Mardikaningsih, NIM.: 14480144 title: INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Karawitan, Program Pendidikan note: Pembimbing: Dr. Ichsan M.Pd. abstract: Indonesia merupakan salah satu Negara kesatuan yang di dalamnya di penuhi dengan keberagamaan yang secara khusus menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, keberagaman ini dapat menjadi bumerang tersendiri yang mengakibatkan konflik yang dapat merusak sendi persatuan dan kesatuan bangsa. Pembelajaran multikultural juga sebagai jembatan untuk menanamkan sikap toleransi di sekolah dasar inklusi, pentingnya pendidikan multikultural adalah memberikan penyadaran kepada masyarakat, supaya tidak timbul konflik etnis, budaya, dan agama. Pendidikan multikultural merupakan strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis mata pelajaran dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural yang ada pada para siswa seperti perbedaan etnis, agama, bahasa, gender, kelas sosial, ras, kemampuan, dan umur agar proses belajar menjadi efektif. Banyaknya Suku-suku yang ada di Indonesia menjadikan Indonesia kaya akan budaya terutama budaya jawa diantaranya adalah karawitan, yang lamabat laun akan terkikis oleh perubahan zaman yang semakin modern dan lupa dengan budaya-budaya yang ada. Dari latar belakang tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran karawitan, (2) faktor pengdukung dan penghambat Integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran karawitan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV , guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpratisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran karawitan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta terintegrasikan dalam sikap yang tertanam dalam peserta didik sehari-hari seperti sikap toleransi, kerja sama team, gotong royong, saling membantu, tanggung jawab dan disiplin yang diajarkan dalam pembelajaran karawitan supaya peserta didik lebih mencintai budayanya sendiri. Faktor pendukung terlaksanakannya pendidikan multikultural diantaranya yaitu: (1) Kurikulum sekolah, (2) Program sekolah, (3) sarana dan prasarana yang memadai, (4) Peran Guru/ pamong, (5) Peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam pendidikan multikultural dari (1) individu, (2) orang tua peserta didik sendiri. date: 2019-01-31 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Isni Mardikaningsih, NIM.: 14480144 (2019) INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52054/1/14480144%20BABI%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52054/2/BAB%20II-BAB%20IV_ISNI%20MARDIKANINGSIH_14480144.pdf