eprintid: 52085 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/20/85 datestamp: 2022-07-18 08:11:46 lastmod: 2022-07-18 08:11:46 status_changed: 2022-07-18 08:11:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fatimah Azzahra Mutmainah, NIM.: 1620411042 title: WACANA METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PERBANDINGAN JURNAL ARABIYAT DAN LISANUNA) ispublished: pub subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Analisis Wacana Kritis, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Arabiyat, Jurnal Lisanuna note: Pembimbing: Dr. H. Tulus Mustofa, Lc. M.Ag, abstract: melihat perkembangan apa yang sedang terjadi di dalam suatu lingkup studi, dalam penelitian ini terkait dengan metodologi pembelajaran bahasa Arab. Berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, Wahab menyebut bahwa metodologi sebagai ilmu tampaknya juga belum mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa buku tentang metodologi yang ditulis oleh para pakar di bidangnya juga memperlihatkan hal sama dengan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang ditulis oleh para ulama bahasa Arab dari Negara-negara Timur Tengah. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu melakukan penelitian mengenai “Wacana Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”, yang dibedah dengan analisis wacana kritis perspektif Fairclough. Penelitian ini menganalisa serta membandingkan dua jurnal yang terkemuka di Indonesia, yaitu Arabiyat dan Lisanuna. Pokok pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana wacana metodologi pembelajaran bahasa Arab yang berkembang di jurnal Arabiyat dan begitu juga dengan jurnal Lisanuna. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mengungkapkan dan menjelaskan wacana apa saja yang berkembang di dunia metodologi pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. adapun jenis penelitiannya yaitu studi pustaka. Sumber data penelitian berupa data primer dan sekunder. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis wacana krtis menurut Fairclough. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisa masing-masing artikel menggunakan analisis teks, analisis praktek kewacanaan, dan analisis praktek sosial kultural. Penelitian ini menemukan jurnal Arabiyat memiliki tema yang beragam, seperti pendekatan, metode, strategi, dan model. Sedangkan jurnal Lisanuna, sebagian besar artikel-artikel tersebut membahas tentang teknik keterampilan bahasa tertentu, seperti maharah al-kalam (keterampilan berbicara bahasa Arab), maharah al-qiraah (keterampilan membaca bahasa Arab) dan juga pembelajaran mufradat (kosa kata bahasa Arab). Selain itu, sebagian besar penelitiannya merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di Banda Aceh, tempat jurnal Lisanuna berasal. Salah satu upaya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terungkap dalam penelitian ini, peneliti berasumsi bahwa kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa (Common European Framework of Reference for Language) atau dalam bahasa Arab disebut الاطار المرجعي الاوروبي المشترك merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. date: 2018-08-15 date_type: published pages: 141 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fatimah Azzahra Mutmainah, NIM.: 1620411042 (2018) WACANA METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PERBANDINGAN JURNAL ARABIYAT DAN LISANUNA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52085/1/1620411042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52085/2/1620411042_BAB-II-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf