<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI"^^ . "Sebelum Islam datang, perempuan dianggap sebagai makhluk kedua setelah laki-laki,\r\nbahkan dalam beberapa peradaban seperti Arab zaman jahiliyah, Romawi, dan Yunani,\r\nhak-hak mereka terenggut. Ketidakadilan terhadap perempuan ini terus berlangsung\r\nhingga kemudian datanglah Islam membawa misi kesetaraan dan keadilan bagi\r\nperempuan. Ajaran yang dibawa oleh al-Qur’an memposisikan laki-laki dan perempuan\r\nsetara di hadapan Tuhannya. Namun setelah Nabi wafat, al-Qur’an ditafsirkan dengan\r\ncara pandang yang berbeda oleh para mufassir. Alasan pemilihan tokoh dan kitab tafsir\r\nini adalah karena gagasan Muhammad Sayyid Ṭanṭāwī yang kontroversial terutama\r\ntentang perempuan. Beliau membolehkan aborsi pada perempuan hamil hasil perkosaan.\r\nSelain itu, gagasan beliau sebelum menjabat Grand Syeikh dan setelah menjabat Grand\r\nSyeikh al-Azhar berbeda, seperti kasus bunga Bank. Sebelum menjabat beliau\r\nmengharamkan, namun setelah menjabat sebagai Grand Syeikh beliau membolehkan.\r\nUntuk itulah, penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang perempuan ini melalui\r\nkitab al-Tafsīr al-Wasīṭ li al-Qur’ān al-Karīm karya Muhammad Sayyid Ṭanṭāwī.\r\nPenelitan ini dimaksudkan untuk menelisik tentang konstruksi perempuan dalam keluarga\r\ndalam kitab al-Tafsīr al-Wasīṭ li al-Qur’ān al-Karīm karya Muhammad Sayyid Ṭanṭāwī.\r\nPenelitian ini murni penelitian pustaka, data primernya adalah kitab al-Tafsīr al-Wasīṭ li\r\nal-Qur’ān al-Karīm. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan\r\nstudi kepustakaan, yaitu mengkaji secara langsung kitab yang menjadi data primer\r\ndengan menggunakan metode deskriptif, analitis dan interpretatif. Sedangkan data-data\r\nsekundernya diambil dari kitab-kitab, buku, jurnal dan tulisan lainnya yang berkaitan.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri sumber-sumber terkait dengan\r\npembahasan perempuan dalam tafsir-tafsir al-Qur’an, perempuan dalam Islam, gender,\r\nsejarah dan data lainnya yang berkenaan dengan penelitian ini. Penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan sejarah dan gender, dengan mengaplikasikan teori sejarah\r\nsosial dan teori gender sebagai analisinya.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi sejarahnya, pada masa pra-Islam\r\nperempuan tidak memperoleh hak-haknya, mereka diperlakukan layaknya barang yang\r\nbisa diwariskan, dan laki-laki bisa menikahi perempuan sebanyak yang mereka inginkan.\r\nBahkan pada masa awal Islam pun kebiasaan menikahi banyak perempuan ini masih\r\ndipraktikkan oleh orang-orang Hijaz hingga ahirnya turun Q.S. surah an-Nisā’ [4]: 3.\r\nKetika tafsir ini ditulis, kondisi sosial perempuan di Mesir sudah maju, mereka telah\r\nmemperoleh pendidikan yang setara dengan laki-laki. Banyak dari perempuan Mesir yang\r\nbekerja di luar rumah baik sebagai pekerja biasa atau tenaga profesional, seperti dokter\r\natau anggota parlemen. Berkaitan dengan tema perempuan, tafsir ini menjelaskan bahwa\r\nperempuan diciptakan dari nafs adam. Namun, proses penciptaan ini menurut Muhammad\r\nSayyid Ṭanṭāwī tidak lantas menjadi pembeda antara laki-laki dan perempuan, karena\r\nyang membedakan manusia di hadapan Tuhannya hanyalah ketakwaannya. Spiritualitas\r\nlaki-laki dan perempuan dalam tafsir ini adalah sejajar. Dalam ranah keluarga, tafsir ini\r\nmemposisikan laki-laki sebagai pemimpin dan perempuan sebagai asisten. Sedangkan\r\nbentuk kepemimpinan laki-laki atas perempuan tersebut sifatnya adalah absolut. Namun,\r\nharus berlandaskan pada asas maslaḥa. Tafsir ini ternyata masih menyimpan sisi bias\r\ngender, seperti dalam kasus kepemimpinan dan poligami."^^ . "2018-07-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NNIM.: 1620510037"^^ . "Ali Hendri"^^ . "NNIM.: 1620510037 Ali Hendri"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Text)"^^ . . . . . "1DODVC~L.PDF"^^ . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM\r\nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM\r\nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #52100 \n\nKONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM KELUARGA DALAM \nKITAB AL-TAFSIR AL-WASIT LI AL-QUR’AN AL-KARIM \nKARYA MUHAMMAD SAYYID TANTAWI\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . . . "Wanita Dalam Keluarga" . .