<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW)"^^ . "Fenomena kekerasan dalam pendidikan, kurangnya perhatian pendidik\r\nkepada anak didiknya, dan penggunaan metode mengajar yang monoton, menjadi\r\npermasalahan yang belum terselesaikan, hal ini mengingat peranan pendidik\r\nsebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan. Padahal, pendidik menempati\r\nposisi yang setrategis dalam usaha keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.\r\nDengan demikian, pendidik dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik\r\nsebagai salah satu bagian dari kompetensi-kompetensi yang lainnya. Kompetensi\r\ntersebut bermakna bahwa pemahaman pendidik terhadap kondisi fisiologis dan\r\npsikologis peserta didik secara komprehensif yang berkaitan dengan segala\r\nkebutuhan-kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Abraham Maslow\r\nmerupakan salah satu tokoh psikologi humanistik yang mencetuskan teori\r\nhumanistik yang mengingatkan perlunya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan\r\nmanusia secara hierarkis.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka\r\n(library research) yakni mengkaji kandungan teori humanistik Maslow yang\r\nterkait dengan kompetensi pedagogik. Pendekatan yang digunakan ialah\r\npendekatan psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yakni\r\nberasal dari literatur atau sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan\r\npermasalahan. Analisisnya dengan deskriptif analitik, analisis isi dan interpretatif.\r\nHasil penelitian tesis ini ialah: pertama, teori humanistik Maslow\r\nmenitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan manusia secara hierarkis. Menurut\r\nMaslow, apabila kebutuhan yang satu telah terpenuhi maka akan muncul\r\nkebutuhan baru untuk dipenuhi pula dan begitu pula seterusnya. Kebutuhan\r\ntersebut memiliki lima tingkatan yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa\r\naman, kebutuhan rasa kasih sayang, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan\r\naktualisasi diri. Kedua, adapun implikasi dari teori humanistik Maslow terhadap\r\nkompetensi pedagogik pendidik ialah lebih kepada spirit pendidik dalam\r\nmelakukan proses pembelajaran, dengan adanya upaya pendidik dalam\r\nmengetahui dan memahami segala kebutuhan anak didik dalam kegiatan\r\npembelajaran melalui ragam cara sesuai dengan tingkatan kebutuhan yang\r\ndibutuhkan. Konsep tersebut tercermin dalam beberapa hal penting, diantaranya;\r\npemahaman terhadap karakteristik peserta didik, melakukan perancangan dan\r\npelaksanaan pembelajaran, melakukan penilaian dan evaluasi serta melakukan\r\npengembangan diri dan potensi."^^ . "2018-04-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 1620410038"^^ . "Muhammad Insan Jauhari"^^ . "NIM.: 1620410038 Muhammad Insan Jauhari"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Text)"^^ . . . . . "1620410038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Text)"^^ . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #52115 \n\nIMPLIKASI TEORI HUMANISTIK MASLOW TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK (ANALISIS BUKU MOTIVATION AND PERSONALITY KARYA ABRAHAM MASLOW)\n\n" . "text/html" . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Pendidikan berbasis kompetensi" . .