eprintid: 52124 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/21/24 datestamp: 2022-07-20 03:54:43 lastmod: 2022-07-20 03:54:43 status_changed: 2022-07-20 03:54:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Isana Ulfah, NIM.: 1620410072 title: PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: pa_i full_text_status: restricted keywords: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. note: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd. abstract: Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peseta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mengungkap mengenai penanaman sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Brengkok, Susukan, Banjarnegara, mulai dari cakupan sikap spiritual dan sikap sosial yang ditanamkan, proses penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, penilaian sikap spiritual dan sikap sosial, hasil penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, problematika penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, sampai dengan penanaman sikap spiritual dan sikap sosial yang ideal, sehingga dengan adanya penanaman sikap spiritual dan sikap sosial dapat mengambangkan sikap dan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) dengan jenis penelitian lapangan (field study). Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data (reduction data), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan serta keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi data dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cakupan sikap spiritual yang ditanamkan meliputi: ketaatan beribadah, berperilaku syukur, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah, sedangkan cakupan sikap sosial yang ditanamkan meliputi: disiplin, percaya diri, santun, tanggung jawab, jujur, dan peduli. Kedua, pola yang digunakan untuk menanamkan sikap adalah pembiasaan dan modelling dengan pendekatan klasikal dan individual serta multi metode diantaranya ceramah, diskusi, demonstrasi/eksperimen, tanya jawab, dan penugasan. Ketiga, penilaian sikap dilakukan dengan cara mengamati peserta didik dan mencatat sikap menonjol positif dan menonjol negatif pada jurnal harian kemudian dimasukkan pada daftar nilai semester. Keempat, hasil penanaman sikap dapat dilihat pada daftar nilai sikap berdasarkan jurnal harian dan tercermin pada sikap dan perilaku peserta didik antara lain, berperilaku syukur, berdo’a sebelum dan sesudah berkegiatan, toleransi, disiplin, percaya diri, santun, tanggung jawab, jujur, dan peduli. Kelima, problematika yang dihadapi adalah masih adanya peserta didik yang nakal, mencontek, ramai di kelas, dan tidak berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Keenam, penanaman sikap yang ideal dapat dilakukan dengan membuat kesan pertama yang menyenangkan, memahami dan mengembangkan pribadi peserta didik, mempengaruhi peserta didik, membangun komunikasi yang efektif, hadiah dan hukuman yang efektif, mengembangkan rasa percaya diri, menciptakan lingkungan yang kondusif dan memanfaatkan kecerdasan emosional. date: 2018-05-16 date_type: published pages: 211 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Isana Ulfah, NIM.: 1620410072 (2018) PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52124/1/1620410072_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52124/2/1620410072_BAB-II_IV.pdf