<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE)"^^ . "Penelitian ini merupakan studi komparasi dalam perspektif chalangge dan\r\nresponse program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAIN Surakarta dan UMS.\r\nKedua lembaga di atas mencoba untuk merespon tantangan yang ada agar\r\nnantinya kedua lembaga tersebut tidak kehilangan pelanggannya atau bahkan bisa\r\nditutup progam studinya karena sepinya minat.\r\nJenis penelitian ini kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa,\r\nobservasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dengan menyeleksi dan\r\nmenyusun data, kemudian diolah dan dianalisis sehingga didapatkan kesimpulan.\r\nUji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan di\r\nIAIN Surakarta bisa dikatakan belum berhasil karena belum memenuhi target\r\nminimal 80 mahasiswa pada tahun 2017. Strategi promosi yang digunakan yaitu\r\ndirect marketing, word of mouth, dan public relation namun strategi yang paling\r\nefektif adalah dengan word of mouth. Adapun faktor pendukungnya antara lain:\r\nmurahnya biaya pendidikan, Sumber Daya Manusia yang memadai dan citra\r\nkampus berstatus Negeri yang dimilikinya. Sedangkan faktor penghambatnya\r\nadalah: segmentasi pasar yang terbatas hanya dari pesantren dan madrasah saja\r\ndan sarana dan prasarana yang kurang memadai serta sebagian kelas yang belum\r\nber-AC.\r\nStrategi pemasaran pendidikan di jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir di\r\nUMS bisa dikatakan berhasil karena sudah memenuhi target yang ditetapkan\r\nminimal 60 mahasiswa pada tahun 2017. Strategi promosi yang digunakan adalah\r\ndirect marketing, word of mouth dan basis pelanggan tetap, namun strategi\r\npemasaran yang efektif adalah dengan basis pelanggan tetap serta menggunakan\r\nmedia massa yang gencar dilakukan. Adapun faktor pendukungnya antara lain:\r\nbasis pelanggan tetap dari pondok Shabran dan prodi yang baru satu-satunya di\r\nperguruan tinggi Muhammadiyah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah:\r\nsegmentasi pasar yang terbatas hanya dari pesantren dan madrasah saja, belum\r\nadanya lulusan, sarana dan prasarana yaitu kelas yang kurang memadai dan belum\r\nterpenuhinya dosen yang sesuai bidang studi."^^ . "2018-02-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 1620410077"^^ . "Basyir Yaman"^^ . "NIM.: 1620410077 Basyir Yaman"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Text)"^^ . . . . . "1620410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Text)"^^ . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #52126 \n\nSTRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGAM STUDI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DI IAIN SURAKARTA DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (STUDI KOMPARASI DALAM PERSPEKTIF CHALLENGE DAN RESPONSE)\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan" . . . "Pemasaran" . .