eprintid: 52148 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/21/48 datestamp: 2022-07-21 01:14:43 lastmod: 2022-07-21 01:14:43 status_changed: 2022-07-21 01:14:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Hafidh Priyo Handoko, NIM.: 1620411035 title: PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGUATAN ASPEK SIKAP SOSIAL SPIRITUAL DI SD JUARA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: manj_pend divisions: pa_i full_text_status: restricted keywords: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam dan Sikap Sosial Spiritual. note: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini yaitu adanya berbagai perilaku menyimpang peserta didik yang mewarnai realita dunia pendidikan saat ini. Salah satu penyebabnya adalah semakin berkembangnya zaman dan melemahnya nilai-nilai sosial dan spiritual peserta didik, sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Maka, perubahan sikap peserta sesuai moral harus dimulai sedini mungkin. Adapun salah satu caranya adalah melalui pendidikan agama Islam yang mengedepankan perhatian penuh terhadap penguatan aspek sikap peserta didik. Bentuk perhatian dalam penguatan aspek sikap yaitu melalui penilaian autentik dalam pembelajaran PAI dalam ranah sikap sosial dan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Juara Yogyakarta. Pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Olah dan analisa data dilakukan melalui tahap mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan: 1) Latar belakang diselenggarakannya penilaian autentik di SD Juara karena sesuai dengan Permendikbud nomor 66 tahun 2013, dan sebagai bentuk tanggung jawab untuk membuat laporan kepada Yayasan Zakat yang harus sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Prinsip tujuan diselenggarakannya penilaian autentik adalah untuk melacak kemajuan dan pencapaian kompetensi peserta didik sehingga menjadi umpan balik terhadap perubahan dan pemahaman yang benar terhadap aspek sikap peserta didik. 2) Pelaksanaan penilaian autentik di SD Juara sudah sesuai dengan standar pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa dan teknik yang digunakan antara lain observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal untuk melihat peningkatan sikap spiritual dan sosial pada peserta didik. Hasil yang didapatkan adalah peningkatan sikap spiritual melalui ibadah, do‟a, mengaji dan toleransi, sedangkan dari sikap sosial yaitu daya juang, sopan santun, kejujuran dan kedisiplinan. Dampak pelaksanan penilaian adalah semakin menguatnya sikap spiritual dan spiritual sehingga peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta memiliki moral dan akhlak mulia. 3) Problemtika dalam penguatan sikap meliputi banyaknya jenis evaluasi atau penilaian terhadap peserta didik, keterbatan waktu yang diberikan kepada pendidik dalam menyampaikan pelajaran PAI, kurangnya kepedulian dari guru lain terhadap perbaikan sikap peserta didik, kurangnya ketegasan kepala sekolah dan keteladan yang kurang dari guru dan orang tua peserta didik date: 2018-05-30 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Hafidh Priyo Handoko, NIM.: 1620411035 (2018) PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGUATAN ASPEK SIKAP SOSIAL SPIRITUAL DI SD JUARA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52148/1/1620411035_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52148/2/1620411035_BAB-II_BAB-III.pdf