@mastersthesis{digilib52153, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR MAHARAH AL-QIRA?AH BERBASIS NILAI RELIGIUS BAGI MAHASISWA PBA STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 1620411061 Hikmatul Lailaa}, year = {2018}, note = {Pembimbing: Dr. H. Radjasa, M.Si}, keywords = {Buku Bahan Ajar, Maharah Al-Qira?ah, Nilai Religius}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52153/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah belum ditemukannya buku bahan ajar mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa buku bahan ajar mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah sekaligus menguji kelayakannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R \& D) dengan model pengembangan Borg \& Gall, yaitu: (1) studi pendahuluan dengan melakukan: (a) review terhadap bahan ajar yang ada, (b) menemukan potensi dan masalah pada saat observasi pembelajaran dan wawancara (c) penyebaran angket analisis kebutuhan, (2) mendesain produk, meminta tanggapan ahli dan merevisinya, (3) uji coba pada kelas kecil dan merevisi berdasarkan temuan akan kelemahan produk, (4) uji coba pada kelas besar dan merevisi produk, (5) produk akhir. Hasil penelitian ini adalah produk buku bahan ajar yang berjudul ?al-basi{\d t} f{\=i} ta?l{\=i}mi? al-lughah al-?arabiyyah? -? mah{\=a}ratul qir{\=a}?ah?. Buku bahan ajar ini terdiri dari (1) sampul, (2) kata pengantar, (3) petunjuk penggunaan, (4) silabus dan satuan scara pembelajaran, )5) daftar isi, (6) materi pokok yang terdiri dari na{\d s}, fahmul maqru?, qaw{\=a}?id, tadr{\=i}b{\=a}t, qi{\d s}ah qa{\d s}{\=i}rah dan mahf{\=u}{\d z}at (7) daftar pustaka.? Pendekatan yang digunakan dalam bahan ajar adalah pendekatan berbasis nilai religius. Materi-materi dalam bahan ajar dikontekskan dengan nilai-nilai religius, diantaranya: shidiq, amanah, tabligh, fathonah, ikhlas, adil, bijaksana, sabar, syukur, sopan, peduli, tanggung jawab, mandiri, cinta kebersihan dan cinta kedamaian.? Hasil validasi ahli desain pada komponen tampilan berkategori ?baik? dan pada komponen penyajian berkategori ?cukup baik?. Berdasarkan hasil validasi ahli materi pada komponen pembelajaran berkategori ?baik?, komponen materi berkategori ?baik? dan pada aspek kesesuaian nilai religius dengan materi berkategoi ?baik?. Setelah uji coba kelas kecil, tanggapan dari mahasiswa pada komponen desain berkategori ?baik? dan pada komponen isi/materi berkategori ?baik?. Adapun penilaian mahasiswa uji coba kelas besar, pada komponen? desain berkategori baik dan pada komponen isi/materi berkategori ?baik?. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku bahan ajar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah.} }