eprintid: 52234 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/22/34 datestamp: 2022-07-26 04:19:37 lastmod: 2022-07-26 04:19:37 status_changed: 2022-07-26 04:19:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rofi’ah Nurhayati, NIM.: 14410028 title: PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pend_komp divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Guru, Living Values Education, dan Perilaku Peserta Didik note: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag, abstract: Diantara lima kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAI, kompetensi kepribadian merupakan kebutuhan yang paling mendasar, karena perilaku guru PAI merupakan wujud dari kepribadian yang dimiliki dan akan dijadikan model bagi peserta didik. selama ini, mayoritas pelatihan guru hanya membidik pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, sedangkan kompetensi kepribadian guru dibiarkan begitu saja. Penelitian ini berangkat dari tiga permasalahan yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam melalui model Living Values Education (LVE) di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman? Kedua, apa keberhasilan peningkatan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam melaui model Living Values Education (LVE) di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman? Ketiga, apa implikasi peningkatan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam melalui model Living Values Education (LVE) terhadap perilaku peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan psikologi. Adapun teknik pengumpulan data ialah peneliti sendiri dan metode yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi menggunakan Miles and Huberman dengan empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verification, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan terkait upaya-upaya pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI melalui model LVE di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman terimplementasi dengan baik. Keberhasilan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI melalui model LVE di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman terbukti berhasil dengan menghasilkan perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan model LVE dan menghasilkan lima langkah perubahan yakni perubahan paradigma, perubahan kebijakan, perubahan program, perubahan personal, dan perubahan praktis. Implikasi peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI melalui model LVE terhadap perilaku peserta didik relatif baik, dengan menghasilkan perubahan perilaku peserta didik antara sebelum dan sesudah masuk di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman yakni terimplementasinya 10 dari 12 nilai dalam kehidupan seharihari yaitu kedamaian, penghargaan, cinta, kejujuran, kerendahan hati, kerjasama, tanggung jawab, kesederhanaan, dan persatuan. Sedangkan nilai kebahagiaan dan toleransi belum terimplementasi dengan baik mengingat perkembangan psikologi peserta didik yang masih labil sehingga membutuhkan bimbingan intensif. date: 2018-01-31 date_type: published pages: 366 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rofi’ah Nurhayati, NIM.: 14410028 (2018) PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52234/1/14410028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52234/2/14410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf