TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Usman, S.S., M.Ag. ID - digilib52236 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52236/ A1 - Nur Kholifatun Nazilah, NIM.: 14410058 Y1 - 2018/02/21/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwaSMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta menerapkan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai sarana untuk menjadikan generasi berkepribadian Qur?ani, supaya peserta didik mampu memahami dan berlandaskan Al-Qur?an dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupan serta mampu beraktualisasi diri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep dan penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dan penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pendekatan Psikologi Pendidikan, dengan menggunakan metode berpikir induktif yang didukung oleh data kualitatif, dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran PAI adalah mengulang-ulang ayat Al-Qur?an yang berkaitan dengan materi pelajaran,menganalisis ayat yang sedang dipelajari, membedakan secara tajam kandungan dari ayat yang dipelajari, mengidentifikasi ayat per-ayat secara spesifik agar pesan yang terdapat dalam ayat Al-Qur?an dapat tersampaikan kepada peserta didik. (2) Penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran PAI diterapkan dengan baik di SMA Sains Wahid Hasyim, karena dalam RPP PAI SMA Sains Wahid Hasyim menyebutkan adanya kegiatan yang mencerminkan berpikir kritis berbasis Al-Qur?an. Dalam pembelajaran PAI terdapat kegiatan menganalisis idea atau gagasan ke arah yang lebih spesifik, membedakan secara tajam, memilih, mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkan ke arah yang lebih sempurna.Hasil penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur?an melalui pembelajaran PAI sesuai dengan indikator-indikator berpikir kritis pada peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Berpikir Kritis KW - Al-Qur?an KW - Pembelajaran PAI. M1 - skripsi TI - METODE BERPIKIR KRITIS BERBASIS AL-QUR?AN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 201 ER -